Jumat, 16 Oktober 2009

Irfan in Living Document

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hidup adalah perjuangan itulah yang sangat terasa saat ini. Tidak ada sesuatu yang indah dapat diraih tanpa berpeluh keringat. Entah dapat inspirasi darimana rasanya pikiran itu selalu terngiang-ngiang dalam kepala. Namun, anggap saja itu sebagai tantangan yang harus dihadapi setiap manusia agar menjadi lebih baik dari keadaannya saat ini.

Semua manusia tentu memiliki impiannya masing-masing. Termasuk saya sendiri tentunya. Dalam dunia saya tidak ada yang tidak mungkin jika Alloh SWT. menghendaki apa yang akan terjadi pada setiap hamba-Nya kelak. Tidak peduli apa yang orang lain pikirkan, yang penting cita-cita ini dapat memotivasi saya untuk terus berbuat yang terbaik. Terbaik untuk agama, keluarga, lingkungan, dan untuk diri saya sendiri. Saat ini masih merupakan tahap awal dari cita-cita saya yaitu melanjutkan studi D3 Telematika di Politeknik Negeri Jakarta. Disamping itu masih terdapat beberapa lagi cita-cita yang harus saya capai.

Berikut ini merupakan beberapa cita-cita yang saya targetkan harus tercapai selama masa hidup yang singkat ini pada skala umur:
  1. Lulus program D3 PNJ dengan IP 3,65.(umur 21 tahun)
  2. Melamar pekerjaan di perusahaan internasional, dan menjadi pegawai tetap di perusahaan tersebut.(umur 21 tahun)
  3. Mengumpulkan modal untuk mendirikan perusahaan sendiri.(umur 21 tahun)
  4. Melanjutkan kuliah ekstensi Fasilkom UI.(umur 23 tahun)
  5. Memiliki kendaraan pribadi.(umur 22 tahun)
  6. Melanjutkan pendidikan S2 di bidang Manajemen Informatika.(umur 25 tahun)
  7. Memiliki rumah pribadi.(umur 25 tahun)
  8. Menikah dengan wanita terbaik yang Alloh SWT berikan.(umur 25 tahun)
  9. Merekrut tenaga-tenaga kerja yang ahli pada bidang ERP dan mendirikan sebuah perusahaan konsultan ERP dengan modal yang dikumpulkan.(umur 30 tahun)
  10. Pergi Haji ke Tanah suci Mekkah bersama keluarga.(umur 37 tahun)
Beberapa hal diatas merupakan cita-cita yang harus terpenuhi selama sisa umur saya masih mencukupi di bumi yang Alloh SWT miliki. Untuk tahap awal saya targetkan untuk lulus pendidikan D3 PNJ yang insyaAlloh tahun depan selesai dengan IP yang ditargetkan yaitu 3,65. Selanjutnya melamar pekerjaan di perusahaan internasional pada saat dilaksakannya program job training pada semester enam, dan menjadi pegawai tetap diperusahaan tersebut. Dibidang akademis tentunya saya tidak hanya ingin berijazah diploma tiga. Namun, karena tidak ingin terlalu banyak menyusahkan orang tua dari segi biaya, saya akan melanjutkan pendidikan sarjana dengan hasil bekerja pada perusahaan asing. Pendidikan ekstensi Strata 1 di bidang ilmu komputer harus dilanjutkan agar ilmu terus bertambah. Selanjutnya meneruskan Strata 2 untuk bidang manajemen informatika agar nantinya dapat mendukung untuk mendirikan perusahaan yang akan didirikan.

Sementara untuk jangka panjangnya modal mendirikan perusahaan juga perlu dikumpulkan sejak bekerja pada perusahaan, hingga akhirnya nanti mencukupi pada saat pendiriannya. Pada saat saya memutuskan untuk mendirikan perusahaan yang bergerak dibidang konsultan ERP mungkin ini akan menjadi hal yang aneh bagi orang lain. Namun, disini saya melihat prospek yang begitu besar untuk masa mendatang jika mendirikan perusahaan seperti ini. Dengan banyaknya perusahaan manufaktur yang berdiri saat ini terutama perusahaan manufaktur yang baru berdiri, pastinya mereka akan membutuhkan ERP untuk menunjang sistem informasi mereka jika perusahaannya mulai melebarkan sayap. Tentunya mereka tidak hanya membutuhkan ERP tetapi juga memnutuhkan orang yang ahli untuk mengoperasikannya. Untuk mensukseskan perusahaan yang saya dirikan, dibutuhkan kedisiplinan dan integritas yang tinggi untuk menjalankannya. Sementara untuk menjaga hubungan baik saya dengan para karyawan, akan diadakan liburan dengan target setiap tahun diadakan satu kali. Hal ini bukan hanya bertujuan untuk bersenang-senang, juga untuk menenangkan pikiran mereka setelah mengerjakan proyek selama setahun.

Tujuan utama saya mendirikan perusahaan konsultan ERP ini tentunya untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga saya. Semoga dengan keuntungan yang didapat dari proyek yang dikerjakan, saya dapat memberangkatkan keluarga ke Tanah Suci Mekkah. Selain itu melaksanakan zakat sesuai ketentuan dan mengadakan bakti sosial di masyarakat.

Cita-cita dan ikhtiar tak akan berarti jika tidak diiringi dengan doa. Maka dari itu, mohon doanya juga dari siapa pun yang dengan sengaja atau pun tidak sengaja membaca blog ini. Semoga dengan adanya blog yang saya tuliskan dapat menjadi ibadah bagi kita semua.

Sampai bertemu pada revisi selanjutnya. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

1 komentar: